Foto : Sedang dilaksanakannya proses donor darah oleh petugas dari PMI Kota semarang

ksrunwahas.or.id – Setelah masa libur panjang lebaran Korps Suka Rela Unit Univetsitas Wahid Hasyim Semarang (KSR Unit Unwahas) adakan Donor Darah yang berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Senin di Gedung C. Depan Lab. Ekonomi. Senin, 01 Juli 2019

kegiatan Donor darah tersebut merupakan kegiatan donor darah Lanjutan dimana sebelumnya KSR Pmi Unwahas yang bekerja sama dengan PMI Kota Semarang telah melaksanakannya di bulan Maret.

“Ini merupakan kegiatan donor lanjutan, diamana sebelumnya kita di bulan maret juga mengadakan donor darah,”Ungkap Zesika Selaku bagian pelaksana kegiatan donor darah

Zesika yang juga merupakan bagian Divisi Sosial di Kepengurusan KSR Unwahas, juga menjelaskan bahwa kegiatan donor darah sendiri dilaksankan tiap tiga bulan sekali, akan tetapi hal tersebut belum tentu terlaksana sesuai dengan hari yang di tetapkan, hal ini dikarenakan terkait dengan jadwal akademik kampus yang terkadang  berbenturan dengan agenda lain.

“Biasanya kegiatan donor darah ini dilaksanakan tiap tiga bulan sekali namun terkadang belum tentu, karena terkadang harus menyesuaikan dengan keadaan agenda akademik di kampus.” Imbuhnya

Sementara itu, Zesika menambahkan bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan KSR Unwahas sendiri sebetulnya dilaksanakan di akhir bulan Mei. Akan tetapi berbarengan dengan bulan puasa dan beberapa mahasiswa ada yang sudah libur sehingga dirasa kurang kondisif.

“Ini sebenarnya kalau secara hitungan donor darah akan dilaksanakan pada bulan Mei, tetapi melihat kondisi saat itu kan sedang puasa dan beberapa mahasiswa pun sudah ada yang libur dan pulang kampung,” sambungnya.

Pendonoran darah yang belangsung mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB  tersebut berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Senin. yang berjalan lancar dengan pendonor total 17 orang di hari sabtu, 29 juli. dan sebanyak 26 pendonor di hari senin, 1 Juli.

Namun begitu ada beberapa mahasiswa yang pada saat mendonor tidak bisa ikut, hal ini disebabkan beberapa faktor baik Tekanan Darah, jumlah Hemoglobin (Hb), maupun keadaan tubuh dikarnakan habis mengkonsumsi obat-obatan.

“Kemarin ada sekitar 17 orang yang berhasil mendonorkan darah. dan hari ini ada sekitar 26 orang. juga tadi ada beberapa yang ingin mendonorkan darah, dan karena beberapa sebab ada yang belum bisa mendonorkan darahnya,” pungkas Zesika

Sementara itu, menurut pihak dari PMI Kota Semarang sendiri mengungkapkan bahwasannya hasil dari donor darah tersebut selanjutnya akan dibawa ke Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Semarang untuk proses Laboratorium.

“Setelah ini, darah akan kami bawa ke UTD PMI Kota untuk proses filtrasi dan toksisitas.” Pungkas Johan, selaku dari pihak pmi kota semarang

2 Balas ke “Donor Darah KSR Unwahas Pasca Lebaran”

  • Kmrn saya waktu mau donor darah stlh dicek trnyata Hbnya gak sesuai syarat … emm Itu krna ada Faktorr apaa yaa kok Hb bisa turun .😉 Terimakasih

    • Hai kak..

      Kadar Hemoglobin (Hb) dapat dihitung berdasarkan ukuran gram per desiliter (dL). Umumnya, kadar hemoglobin yang normal pada wanita berkisar antara 12- 15 gram/dL dan pada pria berkisar antara 13-17 gram/dL. Jika tes darah menunjukkan kadar Hb berada dibawah angka tersebut, penting untuk mengetahui penyebab Hb rendah agar mendapatkan penanganan yang tepat.

      Mengenali Penyebab Hb Rendah :
      Hb rendah dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah Kekurangan Gizi yang sering dialami anak2 perantauan dan anak kos karena sering berhemat sehingga makan kadang Cuma mie instan:
      • Kekurangan gizi
      Penyebab Hb rendah bisa dikarenakan Anda kekurangan asupan gizi seperti vitamin dan mineral. Adapun Hb rendah pada kasus kekurangan gizi dikarenakan asupan zat besi yang diperlukan oleh tubuh tidak mencukupi sehingga produksi Hb menjadi sedikit. Zat besi merupakan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh dalam menjaga fungsi otot, energi, dan perkembangan otak. Pada anak, kurangnya konsumsi zat besi tidak hanya menyebabkan Hb menjadi rendah saja, tetapi juga bisa mempengaruhi perkembangan dan perilaku anak.Kekurangan gizi lainnya yang menyebabkan Hb menjadi rendah adalah kekurangan asam folat. Hal ini dikarenakan, asam folat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel baru termasuk sel darah merah. Untuk itu, penting untuk menjaga asupan asam folat dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti bayam, brokoli, buncis, beras merah, dan juga kacang hijau. Selain kekurangan zat besi dan asam folat, kekurangan vitamin B12 juga turut andil terhadap Hb rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *