Banser Gunungpati Rangkul KSR Unwahas Sebagai Tim Medis

By | 7 Juli 2019
Foto : Anggota KSR Unwahas sedang melakukan cek kesehatan terhadap salah satu anggota Banser

ksrunwahas.or.id – Bagian Kaderisasi Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP. Ansor) yang mana di dalamnya terdapat Badan Brigade yang biasa di sebut Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Mengadakan Pendidikan Latihan Dasar dan Pendidikan Kader Dasar (DIKLATSAR dan PKD) yang dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP. Ansor dan Banser Gunungpati, Semarang. dimana pada kegiatan tersebut juga merangkul Korp. Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas wahid Hasyim Semarang (KSR PMI Unit Unwahas).

“Di dalam Ansor dan Brigade Banser sendiri terdapat Pelatihan awal yang disebut PKD dan Diklatsar yang mana PKD adalah modal menjadi kader Ansor sedangkan Diklatsar adalah ruang untuk memasuki menjadi Banser,” Ungkap Sakbani selaku ketua dari panitia kegiatan.

Kegiatan Diklatsar dan PKD tersebut dilaksanakan di SMK Trenggono, Pongangan, Gunungpati. Dimana kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 6 sampai 7 juli 2019.

Menurut Sakbani, yang merupakan panitia kegiatan acara. Mengungkapkan tentang Perangkulan KSR PMI Unit Unwahas sebagai Tim Medis sendiri merupakan usulan dari Banser Unwahas dimana sebagai bentuk upaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang mana sering terjadi dan hal itu membutuhkan penanganan medis.

“Tujuan kami turut mengundang KSR Unwahas adalah usulan dari banser unwahas, yang mengusulkan gimana kalau diklat kita ajak juga tim kesehatan, Karena selama ini di acara diklat sendiri juga sering terjadi hal-hal yang membutuhkan penanganan medis,” Jelasnya.

Selain itu, ia juga berkata sekarang banser banyak yang dibutukan untuk tim keamanan di universitas. Dan unwahas sendiri merupakan universitas pertama yang menggunakan banser sebagai tim keamanan kampus semenjak pertama berdiri.

“Banser merupakan keamanan warga Nahdlyin(NU), Unwahas sendiri merupakan kampus aswaja. Yang mana nama kampusnya sendiri adalah nama dari anak pendiri NU, Hadratus syaikh KH. Hasyim As’ari. dan Unwahas Merupakan Kampus yang sejak pertama berdiri menggunakan Banser sebagai Badan Keamanan Kampus,” Ungkapnya.   

Dari hal itu, ia juga berharap bahwasannya kedepan KSR Unwahas dapat bekerjasama dengan menjadi relawan yang bergerak sebagai Tim Medis pada kegiatan-kegiatan Diklat lain di lingkup Banser Wilayah Semarang kota. dimana kegiatan tersebut juga dapat melatih KSR Unwahas sendiri untuk lebih luas dalam bergerak di bidang Sosial Masyarakat.

Sedangkan dari pihak KSR Unwahas sendiri mengaku sangat senang atas ajakan dari Banser Gunungpati yang Merangkul untuk ikut serta menjadi panitia kegiatan sebagai Tim Medis.

“Ya, kami sangat senang mengikuti acara ini, dimana kami banyak berinteraksi dan bersosial secara langsung dengan masyarakat yang ikut Diklat Banser tersebut, sehingga dari hal itu banyak pengalaman yang di dapat tentunya,” tutur Riky Syamsudin yang merupakan Tim KSR yang bertugas dalam kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *